Bentuk-bentuk Promosi di dalam Bauran Pemasaran

Dalam bauran pemasaran ada banyak bentuk-bentuk promosi yang bisa kmau jadikan alat untuk mendongkrak penjualan. Sebelumnya, udah tahu belum nih pengertian bauran pemasaran?? Jadi, bauran pemasaran itu nama lain dari promotion mix yang artinya adalah sebuah kombinasi strategi pemasaran yang paling baik. Kemudian, bentuk-bentuk promosi didalam bauran pemasaran ini bermacam-macam, kita akan ulas dibawah ini ya bestie:

  • Direct marketing (penjualan secara langsung)

Bentuk promosi ini dilakukan dengan cara memeasarkan produk secara langsung, supaya bisa mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan. Namun, ada juga yang dilakukan secara daring, caranya adalah dengan menggunakan telepon, surat, email dan masih banyak lagi. Strategi ini ditujukan secara langsung kepada calon konsumen. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen baik secara tatap muka, telepon hingga pos.

Bentuk-bentuk Promosi

  • Advertising 

Pasti udah sering dengar dong kalau advertising atau periklanan?? Jadi, bentuk promosi ini menggunakan media tertentu untuk memasarkan produk. Kalau yang efektif, kebanyakan berbayar dan memerlukan extra budget untuk menjangkau konsumen yang luas. Tujuan dari advertising ini untuk meningkatkan permintaan akan suatu produk.

  • Sales promotion

Salah satu jneis marketing yang dilakukan suatu usaha atau bisnis untuk mendorong produk agar terjual lebih cepat. Umumnya cara ini digunakan untuk memperkenalkan new product, menghabiskan stok lama dan meningkatkan penjualan. Sales promotion ini bisa berupa bonus, giveaway, kupon, loyalty reward dan masih banyak lagi.

  • Public relations

Kalau yang satu ini, wajib banget nih dilakukan karena mempengaruhi cara pelanggan dalam melihat brand kita. Jadi, secara umum public relation ini adalah proses mempertahankan citra baik untuk membantu membangun hubungan yang menguntungkan antara perusahaan, konsumen dan relasi bisnis. Contoh yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan seminar, menjadi sponsorship kegiatan amal dan masih banyak lagi.

Nah, itu beberapa Bentuk-bentuk Promosi di dalam Bauran Pemasaran atau promotion mix yang wajib kamu ketahui.  Supaya bisnis kamu makin berkembang, bisa banget dengan menerapkan cara-cara diatas.  Oiya, bisa juga loh ditunjang dengan menggunakan kemasan, kamu bisa nih cetaknya di megapack.id.  Buat tanya-tanya atau order bisa nih menghubungi nomor: 0811-2648-980. Disini kamu bisa order aneka kemasan yang bisa disesuaikan dengan bisnis mu loh, mulai dari : box hampers, box takjil, box hajatan, box souvenir, box donat, box toast, box burger, box ayam geprek, box wedang uwuh, box chicken dan masih banyak lagi.